foto :Skyscrapercity.com/ca (Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat)
MIK. Bandara Supadio Pontianak dan
Bandara Sultan Thaha Jambi berhasil meraih peringkat 1 dunia di
masing-masing kategori pada survei Airport Service Quality (ASQ) pada
kuartal II/2017 oleh Airport Council International (ACI).
"Pencapaian
Bandara Supadio, Sultan Thaha, dan Raja Haji Fisabilillah merupakan
hasil dari kerja keras seluruh tim Angkasa Pura II untuk memberikan
pelayanan terbaik bagi penumpang pesawat dan pelanggan Bandara pada
umumnya," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad
Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (29/7).
ACI merupakan
organisasi independen beranggotakan sebanyak 592 perusahaan yang
mengoperasikan 1.853 bandara di 173 negara. Survei ASQ sendiri menjadi
tolok ukur dalam industri kebandarudaraan global, di mana survei ini
menilai tingkat kepuasan penumpang pesawat pada 34 area pelayanan
termasuk kategori utama seperti akses, check-in, keamanan, fasilitas
bandara, serta ketersediaan gerai makanan dan minuman.
Adapun
pada periode April-Mei 2017 ini, hasil survei ASQ yang dilakukan
menyatakan bahwa Bandara Supadio adalah bandara terbaik atau Peringkat 1
dari 80 negara yang mengikuti ASQ pada Kuartal II/2017 untuk kategori
bandara berkapasitas 2-5 juta penumpang.
Sedangkan Bandara Sultan
Thaha, Jambi, berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori bandara
berkapasitas di bawah 2 juta penumpang. Di samping dua bandara tersebut,
Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang) juga berhasil
mencatatkan pencapaian yang baik yaitu berada di Peringkat 2 untuk
kategori bandara berkapasitas di bawah 2 juta penumpang.
"Hasil
survei ASQ jelas menyebutkan bahwa Bandara Supadio dan Sultan Thaha
adalah yang terbaik di seluruh dunia untuk bandara sekelasnya maka dari
itu kedua bandara ini akan menjadi semacam percontohan bagi
Bandara-bandara AP II lainnya khususnya terkait fasilitas dan pelayanan
terhadap penumpang pesawat," jelas Muhammad Awaluddin.
Airport
Council International melalui survei ASQ ini mendorong agar
Bandara-bandara di dunia dapat secara konsisten memberikan pelayanan
terbaik, sehingga hal ini juga mendorong Angkasa Pura II untuk selalu
memberikan pelayanan dengan standar global di seluruh bandara di bawah
pengelolaan BUMN tersebut.
Selain penghargaan dari ACI, PT
Angkasa Pura II (Persero) pada tanggal 10-14 Juli 2017 juga meraih
sejumlah penghargaan pada ajang Contact Center World Awards-Asia Pacific
2017 di Kota Kinabalu, Malaysia.
Sumber : Antara & Republika
0 komentar:
Posting Komentar